Waduh, Wisatawan Mancanegara di Bali Hanya 22 Orang


Jakarta, PadangBerita - Pandemi COVID-19 telah membuat pariwisata Bali sepi. Jumlah wisatawan mancanegara yang mulanya berjumlah ratusan ribu, kini hanya puluhan orang.

Direktur Eksekutif Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali, Ida Bagus Purwa Sideman melaporkan kondisi Bali terkini dalam webinar Kesiapan Destinasi Wisata di Era Adaptasi Kebiasaan Baru, Jumat (9/10/2020). Meskipun sekarang Bali sudah menerima kunjungan wisatawan domestik, kondisi pariwisata Bali belum sepenuhnya pulih.

"Bali sebagai sebuah destinasi itu betul-betul sepi. Bisanya di Bandara Ngurah Rai sangat padat dan ramai, kondisi belakangan ini sangat kosong. Pantai juga menjadi sepi hingga beberapa destinasi belum bisa dibuka secara bebas," kata Purwa.

Purwa juga memaparkan turunnya jumlah wisatawan mancanegarayang berlibur ke Bali. Hal itu karena sejumlah negara dan Indonesia membatasi akses keluar masuk orang asing.

"Data terakhir kami di bulan Agustus 2020. Di bulan pertama (COVID-19) Maret itu sudah mulai ada penurunan sampai akhirnya di bulan keempat, kedatangan wisatawan itu drastis sangat menurun. Bahkan di bulan Agustus hanya terhitung 22 orang,"kata Purwa.

Purwa membandingkan jumlah tersebut dengan bulan yang sama pada 2019, di mana jumlah wisatawan mancanegara mencapai lebih dari 616 ribu orang. Dengan demikian penurunan jumlah ini hampir 100 persen.

"Ini adalah angka terjun bebas. Jadi data statistik yang kami dapatkan ini menandakan bahwa pergerakan perekonomian yang mengandalkan kepariwisataan itu betul-betul terjun bebas," ujarnya.

Sebelumnya, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga menyampaikan temuan senada. Luhut menyampaikan wisatawan mancanegara di bali telah berkurang hingga hampir 100 persen. Akibatnya, Bali mengalami kerugian sekitar Rp 9 triliun per bulan.


Bagikan



Berita lainnya

Safari Ramadhan; Zarfi Deson Bawa Bantuan Pemprov Sumbar ke Masjid Ibrahim Nyiur Gading Kambang

Kambang -- Wali Nagari Kambang Irmawardi mengatakan kunjungan muhibah anggota DPRD Provinsi Sumbar, Zarfi Deson, SH selaku Tim Safari Pemerintah ...


Zarfi Deson Kunjungi Masjid Istiqomah Padang Rubiah Kambang

Kambang -- Masyarakat Padang Rubiah, Kenagarian Kambang Barat beserta jajaran pemerintahan di Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan ...


Dihadiri Dua Mantan Bupati, Hari Jadi Pesisir Selatan Diperingati Secara Sederhana Dalam Rapat Parip

Painan,- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, (DPRD)  Pesisir Selatan, menggelar rapat paripurna istimewa dalam rangka Peringatan Hari Jadi Kabupaten ...