Tertangkap Lagi, Harimau yang Sempat Nongkrong di Jalan Raya Solok, Sumbar


Solok, PadangBerita - Harimau Sumatera yang sempat bikin heboh karena muncul dan nongkrong di jalan raya Danau Kembar Solok, Sumatera Barat, kembali tertangkap. Satwa langka dan dilindungi itu masuk perangkap yang dipasang BKSDA Sumbar, Senin (7/12/2020).

“Alhamduilillah, sudah berhasil diamankan satu ekor lagi.  Benar, benar, sudah masuk perangkap,” kata Kepala BKSDA Sumbar Resor Konservasi Solok,  Afrilius saat dikonfirmasi Senin siang.

Ia mengatakan, binatang buas dengan nama latin Panthera Tigris Sumatrae itu diperkirakan masuk perangkap antara pukul 06.00 Wib hingga pukul 08.00 Wib di Jorong Lurah Ingu, Nagari Simpang Tanjung Nan 4, Kecamatan Danau Kembar.

“Kita  memasang box trap, karena upaya penghalauan selama ini tidak berhasil. Satwa berkeliaran masuk beberapa perkampungan dan membuat resah warga,” kata Afrilius.

Pencarian harimau sudah dilakukan sejak beberapa hari terakhir, setelah sang raja rimba membuat heboh warga sekitar. Harimau muncul dan sempat nongkrong di jalan raya. Bukan hanya satu, melainkan dua ekor.

Seekor sudah diamankan, karena masuk perangkap pada hari Minggu (6/12/2020) di Jorong Rawang Gadang. “Ini yang kedua. Kemarin di Rawang Gadang, sekarang di Lurah Ingu,” kata Afrilius.

Ia menyebut, tim BKSDA masih menuju lokasi perangkap di pasang. Petugas juga harus menggunakan pesawat nirawak drone untuk memantau pergerakan harimau sebelum memasang perangkap.

“Sekarang masih proses. Kita akan lihat bagaimana kondisinya, sebelum kita bawa ke tempat rehabilitasi,” katanya lagi.

Harimau  yang bikini heboh ini, pertama kali muncul di Jorong Lurah Ingu, Nagari Simpang Tanjuang Nan Ampek. Binatang buas tersebut sempat masuk ke jalan raya yang videonya menjadi viral.

Dalam rekaman video yang beredar, harimau tampak mendekati kendaraan yang hendak melintas. Tak sekedar melintas, si raja rimba juga sempat ngaso di tengah jalan.

“Setengah jam setelah kemunculan harimau pertama, kami juga menerima laporan dari warga yang tingga di Jorong Rawang Gadang bahwa ada harimau juga yang muncul. Lokasinya itu sekitar dua kilometer dari lokasi awal,” kata Camat Danau Kembar, Eka Putra.

"Kemungkinan besar, harimaunya ada dua ekor,’ kata Eka.**


Bagikan



Berita lainnya

Safari Ramadhan; Zarfi Deson Bawa Bantuan Pemprov Sumbar ke Masjid Ibrahim Nyiur Gading Kambang

Kambang -- Wali Nagari Kambang Irmawardi mengatakan kunjungan muhibah anggota DPRD Provinsi Sumbar, Zarfi Deson, SH selaku Tim Safari Pemerintah ...


Zarfi Deson Kunjungi Masjid Istiqomah Padang Rubiah Kambang

Kambang -- Masyarakat Padang Rubiah, Kenagarian Kambang Barat beserta jajaran pemerintahan di Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan ...


Dihadiri Dua Mantan Bupati, Hari Jadi Pesisir Selatan Diperingati Secara Sederhana Dalam Rapat Parip

Painan,- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, (DPRD)  Pesisir Selatan, menggelar rapat paripurna istimewa dalam rangka Peringatan Hari Jadi Kabupaten ...