Mesin MotoGP Mati Saat Terjatuh, Kok Bisa ya?


Jakarta, PadangBerita - Kecelakaan di balapan MotoGP kerap kali terjadi. Baik kecelakaan highside yang menimbulkan risiko buruk hingga kecelakaan lowside menimpa beberapa pebalap.

Biasanya, saat kecelakaan lowside, pebalap berusaha keras untuk melanjutkan balapan. Seperti yang dialami beberapa pebalap dalam seri MotoGP Emilia Romagna di Misano, Italia, semalam WIB. Beberapa pebalap seperti Valentino Rossi dan Francesco Bagnaia mengalami kecelakaan lowside.

Rossi misalnya, setelah terjatuh, ia berusaha membangunkan motornya dan ingin melanjutkan balapan. Namun, Rossi yang dibantu beberapa orang marshal harus berusaha keras menyalakan motor yang mati saat kecelakaan dengan cara mendorongnya. Kenapa mesin motor MotoGP mati saat kecelakaan?

Disarikan dari berbagai sumber, mesin motor MotoGP mati saat kecelakaan karena sensor memutus tenaga mesin ketika motor jatuh. Sensor yang disebut lean angle atau bank angle dan beberapa penyebutan lainnya itu membaca sudut kemiringan motor. Ketika melebihi batas dan terdeteksi motor terjatuh, sensor akan menonaktifkan mesin demi keamanan.

Sensor ini akan mematikan mesin motor ketika terjatuh untuk keselamatan pengendaranya atau mencegah kerusakan yang lebih parah pada motor. Misalnya, ketika tangki bensin mengalami kebocoran dapat menyebabkan kebakaran jika mesin tetap menyala saat motor terjatuh. Atau pebalap itu sendiri bisa terseret motor jika mesin masih menyala saat motor terjatuh sehingga membahayakan.

Tak cuma di motor MotoGP, motor yang dijual massal pada umumnya bahkan sampai skuter matik (skutik) yang dijual di Indonesia saat ini juga memiliki fitur serupa, mesin akan mati ketika motor terjatuh.

Namun, sensor bank angle di motor MotoGP telah disempurnakan sehingga memungkinkan pebalap menikung dengan sudut kemiringan lebih ekstrem.


Salah satu cara menyalakan motor MotoGP adalah dengan cara didorong. Cara mendorong motor untuk menyalakan mesin ini cenderung diterapkan saat pebalap terjatuh dan mesinnya mati saat balapan. Biasanya marshal yang bertugas di sekitar sirkuit membantu mendorong motor untuk menyalakan mesin. Ketika motor melaju karena dorongan, pebalap akan masuk ke gigi 1 dan menekan kopling. Setelah itu tuas kopling dilepas hingga mesin motor menyala.Ketika motor MotoGP terjatuh dan mesinnya mati, pebalap harus bersusah payah menyalakan mesinnya lagi. Sebab, motor MotoGP tak dilengkapi dengan kick starter atau tombol electric starter seperti motor yang dipakai di jalanan umum. Sebab, komponen-komponen tersebut akan menambah berat motor MotoGP jika disematkan.

Namun, ketika di paddock atau sebelum start, motor MotoGP biasanya dinyalakan menggunakan roller starter. Roda belakang motor dinaikkan ke atas roller starter dalam keadaan masuk gigi dan kopling ditekan. Saat roller starter hidup dan menggerakkan roda belakang, kopling dibuka supaya mesin motor menyala.

Ada juga yang memakai crankshaft starter, yang dipelopori oleh Ducati. Ini cara yang paling sederhana karena mesin starter-nya tinggal ditempelkan ke crankshaft motor MotoGP dan mesin akan menyala.


Bagikan



Berita lainnya

Dihadiri Dua Mantan Bupati, Hari Jadi Pesisir Selatan Diperingati Secara Sederhana Dalam Rapat Parip

Painan,- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, (DPRD)  Pesisir Selatan, menggelar rapat paripurna istimewa dalam rangka Peringatan Hari Jadi Kabupaten ...


Semarak Hari Bakti Rimbawan di Sumbar, Dishut Giatkan Penanaman di Puncak Gunung Singgalang dan Pan

Padang -- Semarakan peringatan Hari bakti Rimbawan Tahun 2021, di Provinsi Sumatera Barat, Dinas Kehutanan Sumbar selain melaksanakan penanaman ...


Tim Pickleball Sumbar Cetak Prestasi dan Ukir Sejarah Mengejutkan di Kejurnas 2021

Padang -- Revolusi ala Tarmizi Mawardi, pengembang cabang olahraga Pickleball Sumatera Barat tadinya tidak diperhitungkan mampu membuat kejutan. ...