Jangan Keliru, Orang Padang, Orang Minang dan Sumatera Barat itu Berbeda Lho


Jakarta, PadangBerita - Sumatera Barat tengah ramai dibahas di dunia politik usai ucapan Ketua Bidang Politik dan Keamanan DPP PDIP Puan Maharani. Terlepas dari isu politik, seringkali perantau dari Sumatera Barat disebut sebagai orang Padang. Padahal bisa jadi mereka bukan orang Padang lho.

Mungkin bagi perantau dari Sumatera Barat sudah biasa disebut sebagai orang Padang ataupun orang Minang oleh orang 'luar'. Namun sejatinya kedua julukan tersebut memiliki makna yang berbeda. Sebagai orang Minang yang merantau, sering kali saya ditanyai seperti ini.

"Kamu orang padang ya?"
"Padangnya dimana? Bukittinggi?"

Perlu traveler ketahui, orang Padang dan orang Minang sangatlah berbeda. Belum tentu orang Padang adalah orang Minang, begitu juga sebaliknya. Belum tentu juga orang Minang adalah orang Padang. Bisa juga dia adalah orang Padang dan juga orang Minang lho.

Padang merujuk kepada ibukota Sumatera Barat, dan orang Padang berarti orang yang menetap atau tercatat secara administrasi di wilayah Kota Padang. Nah, apakah dia orang Minang? Bisa jadi iya, bisa juga tidak. Tergantung garis keturunan ibunya atau matrilineal.

Sedangkan Minang merujuk kepada suatu suku atau identitas dalam masyarakat. Atau bahasa lebih sederhananya orang-orang yang memiliki darah keturunan suku Minangkabau. Apakah orang Minang bisa disebut orang Padang? Bisa, jika dia menetap atau tercatat secara administrasi sebagai warga Kota Padang.

Terus, bagaimana dengan orang-orang Minang yang tinggal di Bukittinggi, Solok, Batusangkar, Padang Pariaman, Pesisir Selatan dan lainnya? Kenapa mereka di tanah rantau mereka cenderung menjawab "iya" saat ditanyai "kamu orang Padang?"

Bisa jadi alasannya supaya tidak ribet menjelaskan kepada orang-orang yang bukan dari Sumatera Barat. Wilayah Sumatera Barat mempunyai banyak daerah dan tentu saja kami harus menjelaskan lebih detail dimana kampung halaman kami. Dan tentu saja, nama daerah-daerah kecil itu sangat tidak familiar bagi orang di luar Sumatera Barat.

Jadi saat ditanya "Apakah kamu orang Padang?" rata-rata akan menjawab "iya" karena mereka tidak perlu menjelaskan detail lagi. Orang-orang sudah tahu, bahwa Padang adalah ibukota Sumatera Barat dan pasti semua orang hafal dan tahu dimana itu.

Berbeda kasusnya saat kami menjawab "bukan, saya orang Batusangkar", dan pasti akan timbul pertanyaan seperti ini,

"Batusangkar itu dimana?"
"Beda ya Batusangkar dengan Padang?"
"Jauh nggak Batusangkar itu dari Padang?" dan deretan pertanyaan lainnya.


Nah, itulah perbedaan orang Padang dengan orang Minang ya traveler. Bisa jadi orang Padang adalah orang Minang, dan belum pasti juga orang Minang itu adalah orang Padang. Jangan salah lagi ya.


Bagikan



Berita lainnya

Safari Ramadhan; Zarfi Deson Bawa Bantuan Pemprov Sumbar ke Masjid Ibrahim Nyiur Gading Kambang

Kambang -- Wali Nagari Kambang Irmawardi mengatakan kunjungan muhibah anggota DPRD Provinsi Sumbar, Zarfi Deson, SH selaku Tim Safari Pemerintah ...


Zarfi Deson Kunjungi Masjid Istiqomah Padang Rubiah Kambang

Kambang -- Masyarakat Padang Rubiah, Kenagarian Kambang Barat beserta jajaran pemerintahan di Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan ...


Dihadiri Dua Mantan Bupati, Hari Jadi Pesisir Selatan Diperingati Secara Sederhana Dalam Rapat Parip

Painan,- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, (DPRD)  Pesisir Selatan, menggelar rapat paripurna istimewa dalam rangka Peringatan Hari Jadi Kabupaten ...