IKWAL Jakarta Bangun Sekretariat Rp.1,2 Miliar


Jakarta, PadangBerita - Pembangunan Sekretariat Ikatan Keluarga Wilayah Lengayang (IKWAL) Jakarta dan Sekitarnya yang diprogramkan kepengurusan periode 2020-2025 pantas mendapat sokongan semua pihak, karena bermanfaat melestarikan nilai budaya dan agama.

"Terobosan membangun Sekretariat IKWAL Jakarta menegaskan semangat gotong royong dan kerjasama terutama dalam merealisasikan "Basamo Mangkonyo Jadi" untuk meningkatkan mutu peguyuban IKWAL Jakarta di masa depan," ujar Ketua Umum IKWAL Jakarta dan Sekitarnya, Letkol CKM Ardijon SH, MSi dalam pesan whatshappnya, Selasa (6/10/2020).

Dijelaskan Ardijon, rencana pembangunan Sekretariat itu diawali dengan rapat pengurus Sabtu, 25 September lalu, bertempat di Rumah Makan Putra Minang Kreo Cipadu Kota Tanggerang, yang dihadiri H Darmalis (penasehat), Rizal Ependy (pengawas), Mardi Rahman (Sekjen) dan pengurus lainya.

"Diacara rapat itu setelah penyampaian rencana aksi pengumpulan dana pembangunan sekretariat, seluruh peserta rapat memberikan saran dan masukan. Diwaktu bersamaan warga IKWAL yang tercatat sebagai donasi lebih kurang 40 orang, dengan total dana yang terhimpun sebanyak Rp150 juta lebih," terang.

Lecut tangan perwira TNI yang berdinas di Inspektorat Jenderal TNI-AD ini memimpin IKWAL Jakarta dan Sekitarnya memang diakui, Ardijon mampu mensenirgiskan perantau Lengayang berbagai profesi, baik yang pedagang di Tanah Abang, maupun yang berkarir di pemerintahan dan swasta. 
Karena target yang ingin dicapai donasi yang dikumpulkan sebesar Rp1,2 Miliar dengan deadline selama satu tahun, maka sumber dana juga diharapkan dari para pengusaha, pejabat pemerinta, TNI/Polri dan para politisi.

"Sekretariat IKWAL Jakarta yang dibangun nanti harga diri kita sesama perantau Lengayang. Sekretariat selain tempat ngumpul dan diskusi kawan-kawan perantau, juga menjadi wadah transit sementara bagi warga perantau muda," ujar suami Yolmisatri, SKm ini.

Satu Unit rumah atau Ruko atau tanah untuk Gedung sekretariat direncanakan dilokasi strategis. berada di Jaktim, Jakbar,  Kota Bekasi, Kota Tangerang dan Kota Tangsel, dengann Luas 150 M2, Ardijon mengajak warga IKWAL Jakarta yang diperkirakan sekitar 10.000 KK memikirkan bagaimana sekretariat permanen.

"saya optimis, saya dan pengurus lainya di IKWAL Jakarta lewat badoncek (mengumpulkan uang secara ramai-ramai), Insha Allah Sekretariat IKWAL Jakarta dan Sekitarnya akan terwujud dan permanen milik perantau Lengayang," ujar Ardijon yang memiliki 3 putra ini.

Di Sekretariat IKWAL Jakarta itu kedepan, kata Ardijon , selain menjadi kantor administrasi juga dimanfaat sebagai tempat usaha.

"Tempat Usaha IKWAL Jakarta nanti menjadi tempat melatih perantau Lengayang berbisnis," ujarnya.

Ditambahkannya pembangunan sekretariat IKWAL Jakarta merupakan program utama dan menjadi prioritas  sebagai tindak lanjut dari keputusan rapat pengurus yang dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus 2020 lalu di Puncak Bogor, Jawa Barat dan dirapatkan lagi beberapa kali  oleh panitia bertempat di Gedung Cilandak Executif Office (CEO) lantai 11  Jln TB Simatupang Jaksel milik H Rosleni salah satu penasehat yang berasal dari Lakitan.

Sementara tokoh panutan IKWAL Jakarta H Darmalis merasa terharu dengan adanya rencana pembangunan sekretariat representatif, karena akan menjadi catatan sejarah bagi generasi kedepan karena semenjak 1964 IKWAL Jakarta dan Sekitarnya berdiri belum punya sekretariat permanen.

“Terus terang ini cita-cita pembangunan sekretariat mesti diwujudkan, saya yakin saciok bak ayam sadantiang bak basi (Seiya      sekata, satu pendapat atau kompak) Rang Lengayang khususnya dan Pasisia umumnya masih ada. Sekretaria IKWAL Jakarta  harga diri kita semua, saya ikut Rp2 juta,” ujar Darmalis ditimpali H Marsil dengan menyumbang Rp5 juta.

Secara terpisah, Plt Bupati Pesisir Selatan, Drs H Mardi, MM mengakui eksistensi IKWAL Jakarta yang selalu memberikan kontribusi bagi ranah Lengayang.

"Lebaran sebelum pandemi setahun lalu, IKWAL Jakarta pulang basamo menyumbangkan satu unit mobil ambulan untuk kampung halaman,"ujar Mardi,

Pembangunan sekretariat IKWAL Jakarta dan Sekitarnya ini diketuai H Asli Medri dan Wakil Ketua H Arifin dan ketua seksi dana Abdul Rahman. Meski situasi ekonomi yang sulit akibat pandemi Covid-19, panitia berharap partisipasi para donatur baik dari internal dunsanak IKWAL maupun dari luar Lengayang dapat menyumbangkan sebagian rezeki untuk tujuan yang mulia ini ke Rekening Bank Nagari Cabang Tanah Abang dengan nomor rekening: 2402-0210-0292 00..** 


Bagikan



Berita lainnya

Bersama Bamus dan Kepala Kampung Padang Laban, Zarfi Deson awali Safari Ramadhan di Kecamatan Ranah

Padanglaban-- Zarfi Deson bersama Ketua Badan Musyawarah (Bamus) Kepala Kampung serta Sekretaris Nagari Pasia Palangai, mengawali agenda Safari ...


Safari Ramadhan DPRD Sumbar Zarfi Deson, Masjid Baitul Mukmin Sikabu Munto Terima Bantuan Pembanguna

Ampingparak -- Pengurus Masjid Baitul Mukmin Sikabu Munto Kenagarian Amping Parak Timur Kecamatan Sutera Pesisir Selatan segera melanjutkan ...


Zarfi Deson Lawatan Safari Ramadhan, Masjid Nurul Huda Talang Terima Bantuan 20 Juta

Kambang -- Dengan Safari Ramadan ke pelosok kampung secara langsung akan mengetahui apa saja infrastruktur dan potensi ekonomi yang masih perlu ...


Dipilih sebagai Ketua Gebu Pessel, Begini Kiprah Syaidal Masfiudin Pimpin Lembaga Sosial Rang Pasis

Painan -- Rapat pengurus Yayasan Gebu Pessel, Minggu (18/4) memilih H. Syaidal Masfiudin sebagai Ketua Umum Gebu Pessel yang baru. Penetapan itu ...