Diguncang Gempa Sejak Kemarin, Pemprov Sumbar Jamin MTQ Berjalan Lancar


Padang, PadangBerita - Sejak dua hari terakhir, Sumatera Barat diguncang gempa kuat dengan Magnitudo diatas 5. Setelah Selasa (17/11/2020) diguncang M 6,3, Rabu (18/11/2020), Tanah Minang kembali digoyang lindu dengan  gempa Magnitudo 5,3.  Sumatera Barat sendiri sedang menjadi tuan rumah Musabaqah tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-28. Para Qori dan Qoriah dari berbagai daerah di Indonesia sedang bertanding, saat gempa terjadi. Tidak ada kepanikan berarti dari para peserta ataupun pengunjung di arena. 

Berkaitan dengan hal itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Barat, Alwis mengingatkan  semua panitia atau penanggung jawab venue perlombaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke 28 untuk memahami SOP bencana alam. 

"Gempa sudah bukan berita baru lagi di Sumatera Barat. Kita ingatkan supaya penanggung jawab venue ingatkan tamu kita (peserta MTQ) mengenai SOP bencana," kata Alwis kepada wartawan di Masjid Raya Sumatera Barat, salah satu venue MTQ. 

Alwis menyebut bencana gempa bumi merupakan bencana yang tidak dapat dihindari oleh manusia. Ia berharap Sumatera Barat tetap aman dan terhindar dari musibah.

"Kita harap daerah kita aman dari musibah. Pelaksanaan MTQ kita juga tetap lancar," ucap Alwis. 

Selain persoalan gempa, pelaksanaan MTQ ke 28 di Sumbar kali ini juga dihadapkan dengan tantangan masalah kesehatan, dimana COVID-19 masih menjadi pandemi. 

“Untuk itu, selain SOP bencana alam, juga perlu diperhatikan protokol kesehatan,” katanya.

Sebelumnya, gempa dengan magnitudo 6,3 mengguncang Sumbar pada Selasa (17/11). Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Lokasi pusat gempa berada pada koordinat 2,87 Lintang Selatan dan 99,07 Bujur Timur. Getaran gempa terasa di Padang dan Bukittinggi.

"109 km barat daya Tuapejat Sumbar," demikian pernyataan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di akun Twitter resminya.

Sumbar kembali diguncang gempa hari ini. Gempa dengan magnitudo 5,3 (diperbarui menjadi M 5,2) di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar, terjadi sekitar pukul 11.41 WIB di wilayah Samudra Hindia di bagian barat Sumbar**


Bagikan



Berita lainnya

Safari Ramadhan; Zarfi Deson Bawa Bantuan Pemprov Sumbar ke Masjid Ibrahim Nyiur Gading Kambang

Kambang -- Wali Nagari Kambang Irmawardi mengatakan kunjungan muhibah anggota DPRD Provinsi Sumbar, Zarfi Deson, SH selaku Tim Safari Pemerintah ...


Zarfi Deson Kunjungi Masjid Istiqomah Padang Rubiah Kambang

Kambang -- Masyarakat Padang Rubiah, Kenagarian Kambang Barat beserta jajaran pemerintahan di Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan ...


Dihadiri Dua Mantan Bupati, Hari Jadi Pesisir Selatan Diperingati Secara Sederhana Dalam Rapat Parip

Painan,- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, (DPRD)  Pesisir Selatan, menggelar rapat paripurna istimewa dalam rangka Peringatan Hari Jadi Kabupaten ...