Catatan Joan Mir Lebih Apik dari Rossi dan Marquez


Valencia, PadangBerita -  Joan Mir bisa menyabet gelar juara dunia MotoGP 2020. Catatanya bahkan lebih oke dari yang ditorehkan Valentino Rossi atau marc Marquez. 

Mir memastikan titel juara dunia MotoGP 2020, usai bias finis di MotoGP Valencia 2020, Minggu (15/11/2020). Pebalap Suzuki Ecstar itu finis ke-7, ketika di saat bersamaan pesaingnya, yakni rider Petronas Yamaha SRT Fabio Quantararo justru crash.

Dengan finis ketujuh dan Quartararo jatuh, Mir tetap memimpin klasemen MotoGP dengan 171 poin. Torehan itu membuat raihan pebalap Spanyol tersebut takkan terkejar lagi oleh para rival, dengan kejuaraan MotoGP 2020 tinggal menyisakan satu race lagi.

Bagi Mir, gelar juara dunia MotoGP 2020 menorehkan catatan spesial. Sebab, ia melakukannya saat baru lima tahun bersaing di kejuaraan dunia balap motor.

Mir sedianya baru turun ke kejuaraan dunia pada 2015. Ketika itu, ia turun di kelas Moto3 bersama tim Leopard Racing, namun cuma berstatus pebalap cadangan.

Baru di 2016, Mir mendapat kesempatan banyak. Ia tampil sebagai pebalap reguler, dan finis kelima di akhir musim.

Setahun berselang, Mir bisa menjadi juara dunia Moto3 bersama Leopard Racing. Hasil itu membawanya naik ke Moto2 pada 2018. Semusim di Moto2, torehannya tak buruk-buruk amat, yakni finis ke-6.

Pada 2019, Mir pun naik ke MotoGP, usai direkrut Suzuki. Setelah finis ke-12 musim lalu, pebalap asal Mallorca itu bisa menjadi juara di 2020.

Catatan lima musim langsung juara membuatnya melampaui Rossi dan Marquez. Sebab, dua ikon MotoGP saat ini tersebut baru bisa menyabet titel juara MotoGP di musim keenamnya.

Marquez baru bisa menjadi juara MotoGP saat memasuki musim keenamnya, sejak debut penuh di kejuaraan dunia pada 2008. Adapun Rossi juga demikian, dengan baru juara MotoGP pada 2002, sejak debut pada 1996.**


Bagikan



Berita lainnya

Safari Ramadhan; Zarfi Deson Bawa Bantuan Pemprov Sumbar ke Masjid Ibrahim Nyiur Gading Kambang

Kambang -- Wali Nagari Kambang Irmawardi mengatakan kunjungan muhibah anggota DPRD Provinsi Sumbar, Zarfi Deson, SH selaku Tim Safari Pemerintah ...


Zarfi Deson Kunjungi Masjid Istiqomah Padang Rubiah Kambang

Kambang -- Masyarakat Padang Rubiah, Kenagarian Kambang Barat beserta jajaran pemerintahan di Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan ...


Dihadiri Dua Mantan Bupati, Hari Jadi Pesisir Selatan Diperingati Secara Sederhana Dalam Rapat Parip

Painan,- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, (DPRD)  Pesisir Selatan, menggelar rapat paripurna istimewa dalam rangka Peringatan Hari Jadi Kabupaten ...