Bintang Kopa Payakumbuh Didik Atlet Karate Berprestasi


Payakumbuh - Dojo Bintang Kopa di Payakumbuh, Sumatera Barat, bertekad terus mendidik atlet karate berkarakter dan berprestasi. Walaupun Dojo Bintang Kopas masih seumur jagung, para atlet di dojo ini telah mengukir prestasi baik di tingkat Sumbar maupun Nasional.

Dojo Bintang Kopa berada di Kelurahan Koto Panjang Padang, Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina), Payakumbuh. Dojo ini didirikan pada 28 Oktober 2020. Penggagasnya adalah Yoyong, anggota Satpol PP Limapuluh Kota dan Abdul Gafar, karyawan Bank Nagari, serta rekan-rekan lainnya.

Lurah Koto Panjang Padang Fauzul Azmi, Senin (15/2/2021), mengatakan, berdirinya dojo ini tidak terlepas dari kekhawatiran terhadap karakter anak-anak yang dipengaruhi oleh arus globalisasi di seluruh aspek kehidupan, terutama gadget atau gawai.

Pengaruh arus globalisasi itu, kata Fauzul, telah membuat jiwa generasi muda sekarang labil dan tidak lagi memiliki rasa hormat terhadap orangtua dan sesama. Padahal, Minangkabau dikenal sebagai suku yang memegang teguh nilai-nilai moralitas dan keagamaan. 

“Dengan berdirinya Dojo Bintang Kopa ini diharapkan dapat membentuk karakter anak-anak kita menjadi manusia yang memiliki nilai-nilai agama dan moral yang tinggi serta prestasi yang dapat diandalkan,” kata Fauzul, Senin.

Saat ini, ada 20 atlet yang berlatih di Dojo Bintang Kopa, sebagian besar dari kalangan ekonomi kurang mampu. Meskipun dojo ini baru seumur jagung dengan sarana dan prasaran masih terbatas, para atletnya telah mengukir sejumlah prestasi.

Prestasi yang telah diukir atlet Dojo Bintang Kopa, antara lain juara IV Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) 2020, meraih 2 medali perak dan 1 medali perunggu pada Kejuaraan Virtual Padang Open 2021, dan meraih 4 medali emas, 6 perak, dan 4 perunggu pada Kejuaraan Nasional Trisakti Jakarta 2021.

Fauzul mengatakan, prestasi ini tidak lepas dari peran orangtua, pengurus, dan tim pelatih yang memiliki komitmen tinggi, tidak hanya terhadap prestasi atlet tetapi juga terhadap karakter atlet itu sendiri. Diharapkan komitmen yang sudah tercipta selama dojo ini berdiri, baik dari pihak kelurahan, pengurus, maupun tim pelatih dan orangtua atlet dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi. 

“Sehingga dapat menciptakan atlet-atlet yang tidak hanya mengharumkan nama Kelurahan Koto Panjang Padang dan Kecamatan Latina saja, tetapi juga dapat membawa harum nama daerah dan bangsa kita,” ujar Fauzul.

Pengurus Dojo Bintang Kopa, Abdul Gafar dan Yoyong, berharap dukungan dari semua pihak agar Dojo Bintang Kopa tetap konsisten dalam mendidik dan melatih atlet muda potensial. Saat ini, dojo masih mengalami keterbatasan sarana dan prasarana penunjang latihan.

“Mudah-mudahan ada dukungan dari pemko dan donatur untuk melengkapi sarana dan prasarana untuk menunjang kelangsungan latihan para atlet Dojo Bintang Kopa, yang notabennya banyak dari anak-anak kalangan ekonomi tidak mampu,” kata Gafar.

Pengurus juga mengucapkan terima kasih kepada Majelis Sabuk Hitam Lembaga Karate-do Indonesia (Lemkari) Payakumbuh dan Lemkari Sumbar serta Pengurus Cabang Lemkari Payakumbuh yang selalu mendukung kegiatan yang diadakan Dojo Bintang Kopa.

Binpres PB Lemkari Shinse Danil Khomacho dan Binpres Pengprov Lemkari Sumbar Shinse Adi Joe selalu membina dan memberikan motivasi bagi atlet-atlet Dojo Bintang Kopa dan atlet Lemkari Payakumbuh dan Limapuluh Kota agar selalu mengembangkan Lemkari. Di Dojo Bintang Kopa, sudah banyak atlet berprestasi di tingkat Nasional, seperti Nadya,Fauzi, dan Ariffa, yang juara Nasioal O2SN. 

“Kami sangat bersukur dan berterima kasih kepada pengurus dan orangtua atlet dari Dojo Bintang Kopa yang selalu semangat tak kenal lelah mendampingi anak-anaknya untuk berlatih. Semoga ke depannya atlet di Dojo Bintang Kopa semakin berprestasi dan membawa harum nama Lemkari,” kata Shinse Adi Joe.

Dalam waktu dekat, Pengcab Lemkari Payakumbuh berencana mengadakan kejuaraan. Binpres PB Lemkari dan Binpres Pengprov Lemkari Sumbar sangat mendukung dilaksanakannya kejuaraan ini.

Anggota Dewan Guru Lemkari Sumbar Ferry Suardi mengucapkan terima kasih kepada jajaran pelatih Sumbar yang telah mengisi kekosongan pelatihan di Cabang Lemkari Payakumbuh, khususnya Dojo Bintang Kopa Koto Panjang Lampasi. Dojo Bintang Kopa banyak melahirkan atlet berprestasi baik di tingkat Sumbar maupun Nasional. 

“Mudah-mudahan dengan kedatangan pelatih-pelatih yang bertangan dingin bisa meningkatkan kemampuan prestasinya ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Kami dewan guru dan pengurus Lemkari Sumbar berharap kegiatan positif ini akan mengalir dan menular ke kabupaten/kota lain,” kata Ferry. (rel)


Bagikan



Berita lainnya

Gubernur Seharusnya Segerakan Pemulihan Ekonomi

Padang – Pasangan Kepala Daerah Sumbar periode 2021-2024 H. Mahyeldi Anshrullah SP – Audy Joinaldy S.Pt, M.Sc MM, IPM, ASEAN.Eng ...


60 Orang Guru Olahraga SMP Se-Kota Padang Ikuti Trainig Pickleball di Komplek Sekora Pasir Putih Pa

Padang -- Cabang Olahraga Pickleball yang tengah diperkenalkan Tarmizi Mawardi, pelatih yang bersertifikat internasional di Sumatera Barat sebulan ...


60 Orang Guru Olahraga SMP Se-Kota Padang Ikuti Trainig Pickleball di Komplek Sekora Pasir Putih Pa

Padang -- Cabang Olahraga Pickleball yang tengah diperkenalkan Tarmizi Mawardi, pelatih yang bersertifikat internasional di Sumatera Barat sebulan ...


UMMY Solok Tandatangani Kerjasama dengan Bank Nagari

Solok -- Beberapa mahasiswa Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) Solok ada yang belum mengenal jasa perbankan. Apalagi jika saat pelajar ...